Sebuah pelajaran berharga buat gw…

There was a question in the OTN database forum recently which said:

” Can any one advise me? I have joined a company as new senior dba.

i am not understanding what shall be done at beginning?

Can anybody advice me how to check all the database and what to do in the beginning ?

I have been reading all the stuff,documents fr. a week?”

The same poster also said:

” I have all th knowledge of oracle,I am ocp certified.

But fearing at the beginning.

how to proceede as this is my first job as a dba.”

This is what can happen when a company hires someone for a position like “senior DBA” just based on some papers called certifications.

How he claims he has “all the knowledge of oracle” just by getting an OCP certification is another story.

__________________________________________________________________________________________________

Yup tulisan diatas adalah postingan yang ada di salah satu thread di forum oracle Internasional. Sangat berharga postingan yang gw ambil dari blog khusus oracle ini.

Mengapa? Ya kerena gw cukup berambisius untuk mendapatkan sertifikasi Oracle (OCA), tetapi yang gw dapet dari tulisan tersebut adalah Sertifikat bukanlah syarat mutlak untuk diakui sebagai DBA Professional, Pengalamanlah yang terpenting, hal ini senada dengan yang pernah diucapkan beberapa para master oracle di beberapa millis oracle yang saya ikuti, mereka sudah berpengalaman namun belum memiliki OCP, namun karena kemampuan mereka, mereka tetap dihargai.

Oleh karena itu, seandainya gw lulus OCA nanti (Amiin), gw gak akan pernah puas (dalam hal belajar tentunya), karena -mengutip dari Mr.Coscan, Seorang DBA asal Inggris- there’s always something to learn about ORACLE, ya karena ada saja ilmu baru yang akan semakin berkembang di Oracle.

Gw sangat senang sekali dengan sikap para DBA yang bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu di dunia maya, dan mereka juga kadang2 memberikan studi kasus yang pernah mereka hadapi beserta penyelesaiannya.

Oleh karena gw sudah terlanjur “Jatuh Cinta”(ca eleh bahasa gw) dengan Database Oracle ini, dan salah satu impian gw adalah menjadi DBA Oracle Professional, gw akan teruus belajar, dan belajar.

Karena, HIDUP ADALAH PERJUANGAN…

Thanks buat semua pihak yang dah membantu gw untuk menguasai database Oracle…

One response to this post.

  1. Posted by taufiq on August 14, 2008 at 1:40 am

    saya ingin bertanya,apa maksud Tiftazani???saya tertarik dengan nama itu.mungkin untuk my future daughter(for 2013)

    Tifta menjawab :
    Sebelumnya terima kasih atas kunjungannya dan pujian atas nama saya (hahaha Geer). Tiftazani itu artinya Pemberian , Tiftazani itu juga merupakah sebuah kota kuno yang ada di Tunisia. Cuma kok buat daughter :-( , seharusnya buat anak laki2 aja mas T_T

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

