Mau tau PILKADA Terburuk?

pilkada.gif Jakarta, Budayawan Betawi Ridwan Saidi menilai Pilkada DKI Jakarta merupakan pilkada terkotor dan terburuk di seantero negeri ini, dibanding pelaksanaan pilkada di daerah lain.

Inilah wajah demokrasi Ibukota negeri ini. Jika dibandingkan daerah lain maupun pilkada lewat DPRD sebelumnya, pilkada saat ini terkotor dan terburuk, tegas Ridwan dalam diskusi yang diselenggarakan Jakarta For Indonesia Foundation (JIF) dengan tema ‘Waspadai Virus Orde Baru Dalam Pilkada DKI’ di JMC, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, kemarin.

Menurut Ridwan, sejak proses penjaringan cabug dan cawagub di partai-partai, praktik-praktik money politic dengan nilai uang yang fantastik sudah terjadi. Bahkan, praktik-parktik politik uang itu terangkat ke permukaan.

Selain terkotor, lanjut Ridwan, Pilkada DKI juga terburuk, karena hanya bisa menyediakan dua pasangan calon saja di pilkada. Munculnya dua calon itu dipaksakan parpol. Sementara, warga Jakarta ingin cagub yang tampil lebih dari dua. Ini kan berseberangan dengan aspirasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan, sikap memaksakan seperti itu, merupakan mental orde baru, dan virus lama yang masih nempel di politisi kita, tandasnya.

Yang lebih parah lagi, kata Ridwan, KPUD DKI sebagai penyelenggara seperti sengaja menutup mata, ketika ada temuan tentang politik uang. Panwas juga tak melakukan apa-apa.

Aktivis HMI ini menambahkan, jika KPUD bersikap arogan dengan mengacuhkan hasil temuan dari berbagai pihak tentang pendataan pemilih, maka indepedensi KPUD dan Panwas patut dipertanyakan. Wajar jika ada tuntutan kedua lembaga ini lebih baik dibubarkan tegasnya.

Masih menurut Ridwan, Pilkada DKI masih bisa diselamatkan, asal ada kemauan dari politisi untuk meloloskan cagub independen. Menurutnya, calon independen bukan untuk memangkas peran partai, namun agar partai makin dewasa, dan tidak menjual belikan tiket pencalonan.

sumber:Rakyat Merdeka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: