Visual Studio.NET 2005

Halo semua? Duh ceria bgt gw, ya iyalah. Hehe ada apa gerangan?Gak kok gak ada apa2, biasa aja.

Haha kesel ya, bodo amat, hehe sory dong, maafin ya, pleaseeee. “Iya gw mafin, masa orang sekeren lho gak gw maafin”(Kata yang lagi baca, dalam hati).😉

Hehe gw lagi seneng akhirnya gw jadi juga deh buat belajar bahasa pemrograman baru (hmm sebenarnya gak baru2 amat sih, gw aja yang rada2 kuper, ops bukan kurang pergaulan loh, tapi kurang perhatian, haha kasian gw). Nah kalo sebelumnya gw belajar Bahasa Pascal, C, dan java, sekarang gw mulai bergelut dengan Pemrograman .NET.

visual-studionet-2005.jpg

Ya gw sih awalnya baca2 dari majalah gitu, eh tau deh eh akhirnya jadi tertarik juga. Bahasa pemrograman yang tercakup di Visual Studio.Net itu ada beberapa macam, diantaranya ada Visual Basic.NET, Visual C++, C#, J#, dan asp.net. Yah kalo kurang ya maaaf kali gak usah ngambek.

Hehe sebenarnya sih gw dulu dah belajar Visual Basic pake VB 6, cuma belum begitu mahir sih (kalo gak emang gak mahir sama sekali), cuma kalo VB.Net yang sekarang lebih enak, emang sih ada beberapa syntax yang sama. Oh ya sebelumnya Gw mau kasih tau kalo Visual Studio.Net 2005 itu ada 2 versi yang satu Visual Studio.NET 2005 Tools For Microsoft Office System, dan yang satu lagi Visual Studio.NET 2005 Enterpise Developer. Nah awalnya gw pake yang awal tapi rada2 gak enak coz kalo pake yang awal di Kompi kita meski ada Office 2003 nya, sementara gw kan pakenya Office 2007 ama Open Office 2.1, ya udah deh gw uninstall aja, eh ganti deh pake yang jenis kedua. Selain itu kalo yang jenis pertama cuma ada VB.NET aja, sedangkan yang kedua itu selain ada VB.NET juga ada Visual C++,C#,J#,ama asp.net.

cover-majalah.gifLanjut,lanjut dan lanjuuut akhirnya gw mulai ketagihan deh, sampai akhirnya gw mulai deh tuh download majalah MSDN (Microsoft Developer Network), majalah journalnya Microsoft buat para pengembang .Net. Lo bisa dapetin majalahnya di sini.

Oh ya selain gw tertarik di VB.Net, gw juga mulai melirik di Visual C++, tau gak kenapa? Ya gak lah orang gw belum kasitau, hehe gw mulai rada2tertarik karena gw pernah liat film di RCTI judulnya gw lupa, ada cowok yang jadi supir, eh pas dia lagi nunggu majikannya dia ke perpus, dia bawa buku Tebellll bgt, pas gw liat judulnya eh judulnya Visual C++, langsung ngakak gw, laga bgt nih supir, eh ternyata supir ini ternyata jenius, duh jadi ngomongin film deh. Lanjut punya lanjuut ternyata gw berfikir wah boleh juga nih dicoba, tapi gw inget gw pernah nyoba Visual C++ di Visual Studio.Net 2003, tapi gagal melulu banyak errornya, gw pikir bahasanya sama persis ama C atau C++, eh ternyata ada beberapa yang beda. Gw tanya kakak kelas gw sih katanya sebetulnya gak beda cuma cara penulisannya aja yang rada beda, bingung gw, katanya perbedaan nya mirip kayak Bahasa Pascal ama Delphi. kalo Pascal pake console sedangkan Delphi dah Visual/GUI. Eh tapi kan gw pertama kli di Visual C++, nyobanya pake yang console , tapi masih salah juga, fiuhh nasib gw aja ya yang lagi apess.

Di visual C++,gw coba masukin include dari file header yaitu #include “stdio.h”, #include “conio.h”, #include “iostream.h”, tapi ternyata error juga, pas gw ilangintulisan “.h” nya kaya format awal tetap aja salah, terus gw copy paste source code Visual c++ dari menu help (Buat gunain ini lo mesti nginstall MSDN yang compatible ma Visual Studio.Net 2005) lalu gw compile, eh ternyata ada errornya juga, duh gw jadi pusiiing, ya udah untuk sementara gw tinggalin dulu deh Visual C++, gw mau konsentrasi di VB.Net nya dulu. Eh tapi gw gak bakal ninggalin gitu aja, lainkali gw bakal nyari sumber dong buat bantuin gw mecahin masalah ini. Ya udah deh gitu aja.

Oh ya kalo mau tau dan pengen belajar tentang pemrograman .Net lo bisa kunjungin situs www.netindonesia.net atau di situs resminya di msdn.microsoft.com.

3 responses to this post.

  1. Posted by sucy on January 20, 2009 at 7:39 am

    haii..
    tw tempat untuk install VB.net 2005 g ??

    blzz yaapp ^^

    makasii

    Reply

  2. lam kenal…
    sory sblumnya..gw belum ijin buat copas artikel lo ” PIdato anak kecil yang mengguncang ruang sidang PBB”..
    Btw,gw pernah iseng.. masuk ke microsoft, tapi karena ketidak tauan gw..sampelah pada sebuah halaman yang hanya menampilkan permintaan id ama pasword…yah…dasar gw emg gak ngerti ampe 3 kali masukin id salah melulu..
    di dalam situsnya microsoft gw bingung sendiri mau ngapain semua bahasa inggris(gw gak bisa)…
    gw pengen belajar pemrograman or VB, kalo gak keberatan tolong dong bagi2 ilmunya…heheeeeeee..
    makasih ya… nyoretnya kebanyakan…

    Reply

  3. Posted by winter on June 26, 2011 at 9:56 am

    OM , punya contoh source code nya C# sama database nya klo ad😀 ,

    Reply

Leave a Reply

