Mahasiswa mau kerja…

Gw gak tau ini positif atau nggak, beberapa hari yang lalu gw baca beberapa artikel dari blognya mas anjar, kakak angkatan gw di ilkom UGM (Beliau angkatan 2000). Beberapa yang gw baca adalah seputar dunia kerja, yang diskusinya banyak yang menyinggung soal salary.

Jujur banget, setelah gw baca beberapa artikel beliau, gw merasa enjoy aja, gw bisa baca tuh artikel plus ratusan komentar2nya ampe abisss. Dan setelah membacanya, entah kenapa pikiran gw kok terpola menjadi rada2 materialistis, gw nganggap gaji sekitar 4-5 juta termasuk kecil. Yah wajar aja sih, orang mayoritas banyak yang menyinggung soal gaji di Oil Company (yang buat fresh graduatenya sekitar 7 juta keatas).

Tapi gw juga ngerasa ada beberapa sisi positifnya, entah kenapa pola pikir gw juga terasah untuk terus maju, To be a success man, and to get it I must study hard, Pray to the GOD, Cause there’s no success without sacrifice. Yah entah kenapa gw terus terpacu untuk terus belajar, walaupun gw jadi merasa aneh motifasi gw belajar adalah supaya gw bisa kerja di perusahaan impian gw (Telkomsel (Telco Company) atau Chevron (Oil Company)). Setiap gw merasa kalo gw lagi males belajar, gw baca lagi artikel-artikelnya mas anjar, dan hasilnya cukup ajaib, semangat untuk terus maju dan menjadi orang yang sukses itu muncul kembali.

Tapi ada negatifnya juga sih, ya itu tadi pikiran gw dipenuhin oleh pikiran materialistis, padahal gw juga tau, “Money isn’t everything”.

Selain artikel mas anjar, gw juga cukup termotivasi sama artikelnya mas okta, yang membahas beberapa karakter yang diharapkan bagi lulusan sebuah universitas yang akan memasuki dunia kerja.

Berikut adalah cuplikan yang saya ambil dari blognya mas okta yang artikel ini ditampilkan di alamat http://osinaga.wordpress.com/2007/05/24/top-10-university-in-indonesia-tempo-version/

Karakter seperti apa yg dinilai penting oleh Dunia Kerja..?

10 karakter yg dinilai berdasarkan ranking :
1.Mau bekerja keras
2.Kepercayaan diri tinggi
3.Mempunyai Visi kedepan
4.Bisa bekerja dalam Tim
5.Memiliki kepercayaan matang
6.Mampu berpikir analitis
7.Mudah beradaptasi
8.Mampu bekerja dalam tekanan
9.Cakap berbahasa Inggris
10.Mampu mengorganisasi pekerjaan

Bagaiman agar lulus PT dengan berkwalitas. .?

6 Tips dari dunia kerja berdasarkan rangkingnya :
1.Aktif berorganisasi
2.Mengasah bahasa Inggris
3.Tekun belajar
4.Mengikuti perkembangan informasi
5.Memiliki pergaulan luas
6.Mempelajari aplikasi komputer

Bagaiman Dunia kerja menjaring pekerjanya.. ?

Inilah 8 syarat yg harus dipenuhi (berdasarkan rangking):
1.Indek prestasi komulatif
2.Kemampuan bahasa Inggris
3.Kesesuaian program studi dengan posisi kerja
4.Nama besar Perguruan Tinggi
5.Pengalaman kerja/magang
6.Kemampuan aplikasi komputer
7.Pengalaman organisasi
8.Rekomendasi

sumber : Majalah mingguan Tempo, 20 Mei 2007 , ditampilkan di http://osinaga.wordpress.com.

Leave a Reply

