Belajar Oracle 10g , pusing BeGeTe…

Waaa…kepala gw pusing begete. Gw lagi mempelajari sebuah database paling powerfull di dunia, yup apalagi kalau bukan ORACLE. Tapiii….ketika gw mempelajarinya pala gw susah banget nangkepnya, banyak banget istilah2 baru yang gw baca, yang belum gw temuin ketika gw mempelajari MySQL ketika mengambil matakuliah Basis Data.

TableSpace,Segment,Extent,dll beserta arsitektur yang ada dalam database ini membuat kepala gw pusing. belum lagi ditambah dengan Data Warehousing, yang gw gak ngerti ini apa, karena gw emang belum ngambil matakuliah ini (Data Warehousing dan data Mining). Rencananya sih semester depan.

Entah kenapa apa karena buku yang gw baca terlalu tinggi untuk seorang pemula, atau gwnya aja ya yang dodol. Gw baca buku versi bahasa indonesia karangan pak Bernarido Hutabarat, sumpe deh pala gw pusiiingg,malah mau ngantuk. Mungkin buku ini terlalu tinggi kali ya. Tapi pas gw baca buku yang lain yang kalo gak salah ‘Belajar Sendiri Menjadi Administrator Database Oracle 10 g”, gw bisa bacanya, dan gak terlalu pusing, namun menurut gw masih terlampau dasar atau istilahnya for dummies bgt,hehe sotoy bgt sih gw (Emang kali yee…..).

Mau beli literatur dari Osborne Oracle Press, wawww gak kuat belinya, yah paling ngandelin ebook2 yang beredar di internet.

Fiuh….makin bertambah aja deh, sederetan problem yang bikin gw pusing.

Tapi…seperti kata dosen gw bilang….Orang yang mau sukses harus berani berkorban, orang yang gak punya mimpi untuk jadi sukses, Dia gak bakal sukses. Asalkan yang bermimpi untuk sukses tidak hanya sekadar mimpi, TAPI harus ada Usahe (eh salah deh Usaha, hehe maklum aye kan betawi asli :> ).Kalau kate orang ingglis sono (sok cadel bgt sih gw) ‘There’s No Success Without Sacrifice”.

Udah dulu ah…malem ini gw mau ngerjain tugas Sains Manajemen (deadlinenya besok nih, males bgt sih gw baru ngerjain tugas), Nonton Movie di komputer gw bareng temen2 kos , dan Belajar Oracle lagi ahhhh…….

12 responses to this post.

  1. Posted by rifaiblog on September 4, 2008 at 9:00 am

    segitu susahnya yaa belajar oracle…

    saya jadi takut mau memulainya…🙂

    Reply

  2. Posted by tiftazani on September 4, 2008 at 9:18 am

    Gak kok mas, jangan menyerah. Saya waktu itu bilang susah, karena saya salah membaca buku awalnya. Saran saya kalau mau belajar oracle bacanya dari buku2 Terbitan Oracle Press, ama sybex, bahasanya mudah dipahami, walaupun bahasa inggris.

    Dan sekarang saya sudah tidak kesulitan lagi, maksudnya tidak sesulit waktu belajar dulu🙂

    Reply

  3. Posted by mahmud on January 15, 2009 at 8:28 am

    mas ada link nya gak untuk belajar oracle mulai awal hingga advanced
    saya mau tu ingin belajar

    Reply

  4. Posted by mahmud on January 15, 2009 at 8:36 am

    oh ya mas kalau ada tutorial oracle kirim di link saya rifadil_2mr@yahoo.com
    terima kasih

    Reply

  5. kalo mw cari tutorialnya download aja disini
    http://www.pdf-search-engine.com

    Reply

  6. Emang beda nih si Oracle dari DBMS yg lain, bahkan kalau udah lumayan mantap di MySQL atau PostrgeSQL, kagak ada jaminan bisa lancar belajar Oracle.

    Reply

  7. Posted by anak hilang on August 13, 2009 at 11:13 am

    mas……
    aq minta tutrl na donk….
    yang dari AWAM sampai tingkat medium….
    kalo punya kirim ke email aq donk…………………
    TQ sebelumna…. ^_~”

    Reply

  8. mas saya boleh ngga minta tulung 2hal
    1. minta link belajar oracle dari dasar banget dunk “dari cara install”
    2. buku apa ya yang pake bahsa indonesia yang ajari oracle dari awal sampai mahir

    tulung dunk kirim ke email saya ikhsan.a@gmail.com terima kasih banyak ya

    Reply

  9. Namanya juga Oracle = Oraclar-clar
    Lihat aja versinnya ampe sekarang versi 11

    Reply

  10. Posted by fachru on August 28, 2010 at 8:47 am

    mas ane minta tulung…
    buku apa yang pas buat orang awam, yang baru mulai bljar oracle bner2 dri dasar ??
    maslah’y bingung n’ blom ngerti mao mulai dari mana dlu belajar’y…
    tulung bantuanya y mas….
    ajifachruraji@ymail.com

    Reply

  11. kebetulan q msih smk….
    dan kbetulan waktu pkl di suruh install + setting oracle 10g…
    dah coba cari tutorial’a tp hsil’a beda ma yg di tutorial…
    krna makin bingung akhir’a nyerah dah….
    pas balik k’skul pengen blajar oracle ma guru q tapi …
    spec komp d’skul ga ckup…
    yah gtu dah mpe skarang masih pnasaran ma oracle….

    Reply

  12. Mas, kebetulan saya juga lagi belajar oracle 10g. Tolong saya jika ada tutorialnya untuk pemula seperti saya ke alamat email ini :
    dim4z2890@yahoo.com

    saya tunggu balasannya, terima kasih….

    Reply

Leave a Reply

