Progress belajar Oracle 1g…

Alhamdulillah udah sekitar 2 Buku Oracle yang telah selesai dibaca (Buku bahasa Indonesia), yakni menjadi Administrator Database Oracle 10g dan pemrograman Oracle PL\SQL plus ditambah file power point mengenai Administrator Workshop 1 dari Oracle University ditambah lagi dengan artikel dan ilmu dari millis indo-oracle.

Saat ini sedang membaca buku panduan (STUDY GUIDE) untuk ujian IZ0-042 dalam mengambil sertifikasi OCA (Oracle Certified Oracle), ebook dari penerbit SYBEX internasional setebal 667 (kalo gak salah pokoknya kisaran 660an deh) ini gw prin , sehingga kebayang kan berapa kertas dan tinta yang gw habisin buat ebook yang sudah gw baca baru ampe BAB 2 ini.

Tapi apa sih yang nggak buat Oracle (hehe Daj jatuh cinta nih ma nih database), apalagi setelah mendapat kemudahan dengan aplikasi third party lain buat oracle semacam TOAD for Oracle dan Oracle SQL Developer, semakin mempermudah gw dalam proses pembelejaran.

Sebenarnya pengen sih ngisi tutorial oracle di blog gw, cuma kok gw ngerasa gak pantes, yah abis bagaimnapun juga gw kan masih newbie.

Hmm..setelah beberapa lama(mungkin sebulanan kali) gw belajar Oracle, sampai sejauh ini gw merasa telah cukup menguasai bagian berikut dari Oracle,dan juga setelah mengerjakan beberapa soal ujian IZ0-042 buat sertifikasi OCA.

-Membuat tabel (serta berbagai jenisnya)

-Membuat view

-Membuat Stored Function dan Stored Procedure

-Melakukan overloading pada stored procedure dan stored  function

-Trigger (baru beberapa jenis Trigger)

-Mengerti Arsitektur Oracle ( Logikal, Physical , Oracle Instance , OFA (Optimal Flexible Architecture) ),dll

-Membuat Database baik melalui DBCA (Database Configuration Assustant) maupun melalui SQL*Plus (dengan command)

-Menjadikan Database menjdi mode archive log (Thanks buat pak rohmad yang udah ngajarin)

– PL/SQL nya Oracle, yah kira2 masih 45% lah, karena kebanyakan kan walaupun bisa makenya, tapi kan msih analisis juga

-Menerapkan sistem less privilege (buat user), dll

Susah buat dijelasin semua (hoho gaya), tapi msih banyak yang belum gw kuasai, mulai dari Tuning database, Recovery, dll yang gak bisa gw sebutin karena belum pernah ngerasain jadi DBA Administrator.

Gw berharap banget nanti bisa Kerja Praktek, di salah satu Perusahaan Telekomunikasi yang gw idam2kan, dan berharap dapet bidang yang sama dengan bidang yang sedang gw pelajari ini.

Leave a Reply

