IPK Bagi Sarjana IT.

Hmm, setelah gw melihat banyaknya lulusan di bidang IT, baik dari Teknik Informatika, Ilmu Komputer ataupun Teknik Elektro, gw sempet berfikir bagaimana ya kesempatan kerja bagi masing2 alumni tersebut.

Tingkat persaingan sangat ketat. Namun satu hal yang ingin saya cermati disini adalah mengenai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).

Bagi alumni di bidang IT , apakah IPK memegang peranana penting pada saat ini? menurut saya tergantung.

IPK untuk sarjana di bidang IT, menurut saya hanyalah seleksi di bidang awal saja, setelah itu keahlian(skill) lah yang diperhatikan. Selain itu ada hal lain yang menurut saya memegang peranan cukup penting yakni Sertifikasi di bidang IT.

Ada banyak sekali Sertifikasi di bidang IT, beberapa yang termasuk terkenal ialah sertifikasi Oracle, Cisco dan Microsoft. Mungkin ada yang berfikikir sertifikasi tidak perlu, yang perlu adalah skill. Sekilas dilihat memang benar , namun ketika kita mengikuti interview dengan orang yang belum kita kenal, bagaimana cara mereka mengenal kita, salah satunya ya melalui sertifikasi tersebut.

Lalu mengenai IPK bagi sarjana IT, menurut saya perlu, tapi tidak terlalu mutlak. IPK 3.10 pun menurut saya cukup, mengapa? karena IPK di bidang IT belum tentu menunjukkan orang tersebut memiliki keahlian di bidang IT lebih bagus dengan orang yang memiliki IPK dibawahnya. Karena , menurut hemat saya, mata kuliah di bidang it sendiri banyak yang bukan merupakan unsur2 IT, banyak mata kuliah yang terkesan hanya sebagai pelengkap.

Bedakan dengan sarjana di bidang Teknik misalnya seperti Teknik Kimia, menurut saya IPK tersebut memang menunjukkan kualitas dari mahasiswa T.Kimia yang bersangkutan, karena memang ilmu yang diajarkan memang berkaitan satu sama lain, dan banyak yang mengarah ke konsep (Bingung sih gimana ngomongnya , yang pasti intinya itu lah, hehe penulis gak terlalu berbakat nih).

Oleh karena itu bagi anda yang memiliki IPK yang tidak terlalu bagus , janganlah berkecil hati, Tingkatkan terus semangat belajar anda. Tingkatkan skill anda, dan keahlian lainnya yang dibutuhkan.

Ada komentar?

7 responses to this post.

  1. setuju, temen kerja gw lulusan fisika tapi jago dalam system engineer yakni konfigurasi database oracle…

    http://johanesiwan.blogspot.com

    Reply

  2. steelworks says : I absolutely agree with this !

    Reply

  3. Opaline says : I absolutely agree with this !

    Reply

  4. Posted by Ndie on June 15, 2008 at 5:45 pm

    Se7 buanget!
    Maju terus bro!!!!!

    Reply

  5. Posted by Petrik on September 17, 2008 at 2:08 am

    menurut saya sih IT Susah untuk diimplementsi di dunia kerja ntar..
    Yang paling g dapet dari IT cuma cara bikin WEb ja yang lainya cma ngebentuk pola pikir g ,kaya algoritma , semuanya cuma teori -teori yang susah di praktekan di dunia kerja tar .

    Reply

  6. Posted by tiftazani on September 19, 2008 at 4:35 pm

    @Petrik : maaf ya mas, saya mau balik nanya yang sulit diimplementasikannnya di bagian mana ya?Apakah saudara juga berbackground pendidikan di bidang IT.

    Jujur saja, saya sangat tidak setuju dengan pendapat anda yang menyatakan bahwa IT susah untuk diimplementsi di dunia kerja,saya jadi ragu jangan2 saudara belum paham mengenai yang dimaksud dengan definisi IT itu sendiri?

    Namun pernyataan anda yang mengatakan S1 untuk membentuk pola pikir ,saya sangat setuju.

    Dan satu lagi kalau anda pikir yang anda dapat dari pendidikan di dunia IT , “hanyalah” sebatas cara bikin web, atau algoritma2 yang lain, maaf terpaksa saya mengatakan pikiran anda masih terlalu cetek.

    Buat apa kuliah di bidang IT, kalau hanya ingin bisa bikin web, jago programming, atau lainnya. Anda bisa mendapat semua itu dari kursus2 singkat. Namun kuliah bukanlah hanya sekadar belajar hal2 yang mungkin ada dalam pemikiran saudara, seperti belajar VB, PHP, Oracle, MySQL, dll yang mungkin selama ini ada dipikiran anda. Nilainya lebiih dari itu semua, ia merupakan proses pembelajaran, nah proses inilah yang diharapkan dapat membentuk pola pikir menjadi lebih matang, yang hal ini -menurut saya- gak bisa/sulit didapatkan di tempat2 kursus.

    Reply

    • setuju, algoritma hanyalah sebagai dasar dari programming, untuk pengembanganya sendiri sangat luas.. jika hanya dnia web bagai katak dalam tempurung aja, dunia web sendiri apabila dikoneksikan dengan database juga akan menggunakan konsep2 database dan SQL

      Reply

Leave a Reply

