Merubah lokasi datafile di Oracle…

Tadi gw abis jawab pertanyaan di millis oracle indonesia, pertanyaan nya gimana caranya ngerubah lokasi dari datafile di Oracle. Ya udah daripada yang tau cuma di millis aja, lebih baik gw posting jawaban gw ke blok, yah semoga bisa membantu temen2 yang kesulitan.

Untuk mengubah lokasi datafile, jadikan datafile tersebut offline terlebih dahulu, kemudian pindahkan datafile tersebut menggunakan command dari OS yang kita pakai (istilahnya kalo di windows Ctrl+ X , Ctrl + V),renama datafile tersebut , lalu lakukan recover terhadap datafile tersebut, dan terakhir datafile itu kita jadikan online lagi.

Contohnya seperti ini

1. Menjadikan datafile offline

ALTER DATABASE DATAFILE
‘C:\ORACLE\DATA02.DBF’ OFFLINE;

2. Copy datafile ke lokasi yang baru misal dari folder C:\ORACLE\ ke folder C:\ORACLE\ORADATA\ORA10\

==> Yah tinggal Ctrl+ X , Ctrl + V aja kalo di di windows🙂

3. Ubah nama filenya di Control file

ALTER DATABASE RENAME FILE ‘C:\ORACLE\DATA02.DBF’ TO
‘C:\ORACLE\ORADATA\ORA10\DATA02.DBF’;

4. Recover datafile tersebut, hal ini bertujuan untuk mensinkronkan file headernya dengan database

RECOVER DATAFILE ‘C:\ORACLE\ORADATA\ORA10\DATA02.DBF’;

5. Jadikan datafile tersebut online kembali

ALTER DATABASE DATAFILE
‘C:\ORACLE\ORADATA\ORA10\DATA02.DBF’ ONLINE;

Dan tersenyumlah🙂 Datafile siap digunakan kembali🙂

Salam Hormat

Tiftazani Khara

One response to this post.

  1. wow oracle….pengin bisa nikh

    Tifta berkata :
    Pengen bisa? gampang kok, kuncinya ya satu yaitu belajar,belajar dan belajar(hehe ini 3 kunci kali yaaa).
    Sesulit apapun materi yang dihadapi kalo kita serius untuk mendalaminya,kita pasti bisa. Oke, selamat belajar…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: