SQL Bagian 1…

Wah cukup lama juga nih dah nggak ngisi blog, abis akhir2 ini lagi sibuk banget nih, haha9 …so sibuk deh lebih tepatnya🙂

Oh ya kali ini saya akan mencoba bagi-bagi ilmu sedikit mengenai database, soal ini saya dapat ketika sedang mengikuti kuliah Basis Data beberapa hari lalu.

Soalnya adalah sebagai berikut :

Diketahui Skema database fakultas yang terdiri dari 3 tabel :

MAHASISWA (NO_MHS, NAMA_MAHASISWA, PROGRAM_STUDI, KOTA_ASAL)

MATAKULIAH (NO_MK, NAMA_MK, PROGRAM_STUDI)

NILAI (NO_MHS, NO_MK, NILAI)

Buatlah Table, beserta jawablah soal-soal yang ada:

Jawab :

Saya akan menjawab soal berikut dengan dua database yang berbeda yaitu MySQL Versi 5.0 dan Oracle 10g, Hal ini karena ada sedikit perbedaan antara sintaks SQL kedua Database tersebut, biasanya terkait dengan tipe datanya. Seperti di Oracle ada tipe data Number, tetapi di MySQL tidak ada, di Oracle ada Tipe data VARCHAR2(), tetapi di MySQL hanya ada VARCHAR() saja, tidak ada tipe VARCHAR2() di MySQL, setidaknya pada saat saya mengetik tutorial ini🙂

Oke berikut adalah sintaks untuk Oracle 10g Database :

– Sory nih besok gua revisi deh, sekarang lagi ngantuk berat nih, besok ma sahur

Untuk Link PDF Lengkap kamu bisa Klik disini

7 responses to this post.

  1. baru baca, thx buat tutorialnya yaa…
    btw, di syntax mysql bikin tablenya untuk nambahin primary key emang harus di alter yaa..?? saya biasanya langsung aja..:

    CREATE TABLE MAHASISWA
    (
    NO_MHS CHAR(10),
    NAMA_MAHASISWA VARCHAR(30),
    PROGRAM_STUDI VARCHAR(30),
    KOTA_ASAL VARCHAR(30),
    PRIMARY KEY (NO_MHS)
    );

    ada bedanya gak siyy..?? thx yaa…

    Reply

  2. hihihi aq mo bljr oracle, tp bingung mo mulai dr mana😕

    salam kenal ya, thanks for sharing…

    Reply

  3. Posted by tiftazani on September 15, 2008 at 2:43 am

    @rifai : Hai rifai, perasaan di Tutorialnya saya dah bilang deh kalo kita membuat syntax SQL untuk berbagai tujuan, misal membuat table, Query suatu data, membuat stored Procedure, Trigger,dll ada berbagai macam cara.

    Syntax yang kamu tulis diatas juga bisa kok (Primary key nya dimasukkan langsung dalam pembuatan Table sekaligus), Jadi intinya gak harus pake perintah “Alter Table…”.

    Di Tutorialnya saya ketik begitu supaya untuk memperkaya wawasan aja dalam pembuatan suatu syntax.

    Namun biasanya kita menulis perintah Alter, kalau misalkan kita lupa untuk menambahkan primary key, Foreign key, ataupun constraint lainnya. Jadi kita kita gak perlu drop itu table, dan menulis ulang Syntax yang baru🙂

    Reply

  4. Posted by tiftazani on September 15, 2008 at 2:47 am

    @pimbem : salam kenal juga mbak pimbem (pipi tembem ya ?🙂 ), kalau ada yang gak bisa , bisa ditanyakan kok. Selama saya bisa pasti saya usahakan jawab🙂

    Reply

  5. @tiftazani … thx yaa…

    keep blogging !!!

    Reply

  6. woi.. ko nama gw jadi contohnya. tipiezzz

    Reply

  7. Posted by tiftazani on October 8, 2008 at 6:49 am

    @baobaz : gw kan kasih contoh nama mizan bukan nama baobaz, hehe, tebbelll🙂

    Reply

Leave a Reply

