Archive for the ‘Oracle Tutorials’ Category

SQL Bagian 1…

Wah cukup lama juga nih dah nggak ngisi blog, abis akhir2 ini lagi sibuk banget nih, haha9 …so sibuk deh lebih tepatnya 🙂

Oh ya kali ini saya akan mencoba bagi-bagi ilmu sedikit mengenai database, soal ini saya dapat ketika sedang mengikuti kuliah Basis Data beberapa hari lalu.

Soalnya adalah sebagai berikut :

Diketahui Skema database fakultas yang terdiri dari 3 tabel :

MAHASISWA (NO_MHS, NAMA_MAHASISWA, PROGRAM_STUDI, KOTA_ASAL)

MATAKULIAH (NO_MK, NAMA_MK, PROGRAM_STUDI)

NILAI (NO_MHS, NO_MK, NILAI)

Buatlah Table, beserta jawablah soal-soal yang ada:

Continue reading

Advertisements

Merubah lokasi datafile di Oracle…

Tadi gw abis jawab pertanyaan di millis oracle indonesia, pertanyaan nya gimana caranya ngerubah lokasi dari datafile di Oracle. Ya udah daripada yang tau cuma di millis aja, lebih baik gw posting jawaban gw ke blok, yah semoga bisa membantu temen2 yang kesulitan.

Untuk mengubah lokasi datafile, jadikan datafile tersebut offline terlebih dahulu, kemudian pindahkan datafile tersebut menggunakan command dari OS yang kita pakai (istilahnya kalo di windows Ctrl+ X , Ctrl + V),renama datafile tersebut , lalu lakukan recover terhadap datafile tersebut, dan terakhir datafile itu kita jadikan online lagi.

Contohnya seperti ini

1. Menjadikan datafile offline

ALTER DATABASE DATAFILE
‘C:\ORACLE\DATA02.DBF’ OFFLINE;

2. Copy datafile ke lokasi yang baru misal dari folder C:\ORACLE\ ke folder C:\ORACLE\ORADATA\ORA10\

==> Yah tinggal Ctrl+ X , Ctrl + V aja kalo di di windows 🙂

3. Ubah nama filenya di Control file

ALTER DATABASE RENAME FILE ‘C:\ORACLE\DATA02.DBF’ TO
‘C:\ORACLE\ORADATA\ORA10\DATA02.DBF’;

4. Recover datafile tersebut, hal ini bertujuan untuk mensinkronkan file headernya dengan database

RECOVER DATAFILE ‘C:\ORACLE\ORADATA\ORA10\DATA02.DBF’;

5. Jadikan datafile tersebut online kembali

ALTER DATABASE DATAFILE
‘C:\ORACLE\ORADATA\ORA10\DATA02.DBF’ ONLINE;

Dan tersenyumlah 🙂 Datafile siap digunakan kembali 🙂

Salam Hormat

Tiftazani Khara