Belajar 8,5 Jam dalam sehari ?

Duh gak nyangka , dan bener-bener gak nyangka, di hari ini yang merupakan hari libur plus tanggal merah (haha tanggal merah ya pasti libur lah) gw melakukan sesuatu yang gak biasa gw lakukan.

Duh hari ini gw gak nyangka kalo gw belajar otodidak oracle 10g selama kurang lebih 8,5 jam/hari. Mulai jam 10 pagi ampe 12 siang, lalu jam 1 lewat dikit ampe jam 3 lewat dikit, dilanjutkan jam setengah 5 sore ampe jam 6. Lalu diteruskan dari jam setengah 8 ampe jam 11 malem. yah kalo diitung sih 9 jam an, tapi kan waktunya gak pasti, namanya juga kurang lebih.

Waw pas gw baca ebook oracle (Oracle Administration 1 Study Guide for OCA IZ0-042 Exam, etc) ditambah artikel2 oracle yang gw ambil dari internet, ditambah latihan contoh soal ujian sertifikasi Oracle Certified Associate (OCA) 10g , gw gak ngerasa kepaksa, dan gak kaya “belajar” (hehe bawaannya kan kalo belajar kan ngantuk), ya emang sih rada pusing terutama ketika menerjemahkan beberapa sintaks PL/SQL.

Setelah membaca beberapa buku dan ebook, Alhamdulillah gw bisa menjawab beberapa contoh soal OCA dengan benar, ada sih beberapa yang salah, tapi jawaban yang salah itu langsung gw cari sumbernya, dan akhirnya jadi tau.

Duh jadi pengen menjadi Database Adminstrator Oracle beneran deh. Rencana sih ngambil ujiannya pas Semester 6 atau 7 (sekitar 1 atau 1.5 tahun), lumayan sih bayar ujiannnya sekitar $125 Dollar Amrik. Kalo gak lulus, waa sayang duitnya. Makanya persiapannya dari jauh-jauh hari.

Bagi yang udah ngambil ujian OCA, sharing disini dong, bagi2 tips dan kasih ilmu dikit2 laaah.

One response to this post.

  1. Posted by Gero on August 20, 2010 at 6:07 am

    Tengkiu mas bro (/ mbak sis? ) Tiftazani,

    saya belum mengambil ujian 1 pun, tapi anda memotivasi saya, utk belajar …

    Tks.

    Reply

Leave a comment